Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa Tunarungu Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Model Pembelajaran Aktif Snow Ball pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMPLB Keraton Tahun Pelajaran 2015/2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung dan meningkatkan hasil belajar siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII/B (Tunarungu) di SMPLB KeratonĀ  Martapura yang berjumlah 6 orang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Data penelitian ini adalah pengembangan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, review, dan tes yang dilakukan selama tiga kali putaran. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dan mengembangkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Hal ini dapat dilihat dari mengkonstruksi soal ke dalam model matematika di akhir putaran mencapai 78.05%, ketepatan menggunakan rumus untuk menyelesaikan soal di akhir putaran mencapai 92.68%, dan kemampuan dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban pada putaran terakhir mencapai 87.80%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran aktif tipe snow ball dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.