APLIKASI PEMILIHAN MEDIA PROMOSI USAHA KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN METODA FUZZY MAMDANI
Abstract
Pemasaran produk hasil pelaku usaha yang terdapat di Kabupaten Bengkalis yang masih dilakukan didaerah Kabupaten Bengkalis, membuat produk khas Bengkalis belum dikenal secara luas. Beberapa penyebab pelaku usaha di Bengkalis kurang berkembang, yaitu kurangnya memanfaatkan media promosi, kurangnya pengetahuan pelaku usaha tentang teknologi informasi dan masih terbatasnya akses pasar. Selain itu pelaku usaha juga tidak bisa menentukan media promosi apa yang tepat untuk promosi produknya. Oleh karena itu penelitian ini membuat sebuah aplikasi untuk membantu para pelaku UKM dalam menentukan media promosi yang tepat. Aplikasi sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode logika fuzzy mamdani. Hasil dari aplikasi akan memberikan rekomendasi salah satu media promosi yaitu televisi, radio, koran, internet dan pamflet. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Mamdani, Media Promosi,UKM