PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MINING UNTUK ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TEKNIK DATA MINING DALAM MEMPREDIKSI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UNILEVER
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya ditemukan produk yang sudah kadaluarsa tetapi tetap diperjualbelikan. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena kesalahan strategi pemasaran. Oleh karena itu, analisis dan penerapan teknologi data mining diharapkan dapat memberikan solusi sebuah informasi baru yang dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran agar dapat meminimalisir kejadian seperti diatas. Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan sebuah aplikasi dari yang didalamnya terdapat informasi dari hasil analisis teknik data mining sehingga memudahkan PT. Tiran Makassar mendapatkan strategi untuk pemasaran produk Unilever Indonesia.Perancangan dalam membangun sistem ini terbagi atas Data Flow Diagram, flowchart, dan perancangan antarmuka. Aplikasi ini berbasis dan dirancang aplikasi ini menggunakan codeigniter Framework, yang menggunakan pengujian White Box dan Black Box. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis website yang menerapkan rule data mining. Kesimpulan penelitian ini membantu penemuan informasi baru yang dapat memudahkan PT. Tiran Makassar menemukan strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran pada produk Unilever Indonesia.Kata kunci: Data mining, codeigniter Framework, MySql, White Box, Black Box.