Penerapan Algoritma Greedy Untuk Mendeteksi Aktivitas Lansia Pada Karpet Menggunakan Arduino Mega

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma greedy dalam mendeteksiaktivitas lansia diatas karpet menggunakan Arduino Mega.Pada karpet terdapat node-node sensor yang terhubung ke arduino mega danakan aktif ketika sensor tersebut ditekan. Algoritma greedy pada penelitian ini berfungsi untuk menentukan aktivitas lansia pada saat berdiri, berjalan, duduk dan berbaring. Jika node sensor yang tertekan antara 2 sampai 4 maka lansia sedang berdiri atau berjalan, jika 5 sampai 8 node sensor tertekan maka lansia sedang duduk dan jika yang tertekan lebih dari 9 node maka lansia sedang berbaring. Karpet pada penelitian berukuran 120 x 240 cm dengan jumlah node sensor sebanyak 30 titik. Hasil dari penelitian ini adalah algoritma greedy dapat menentukan aktivitas lansia saat berdiri, berjalan, duduk dan berbaring. Kata Kunci : Algoritma greedy, karpet,lansia,node sensor.