JIHAD PENDIDIKAN: SATU SOROTAN TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MAJID ‘IRSAN AL-KILANI

Abstract

Abstrak: Tulisan ini berusaha mengungkapkan Konsep Pendidikan Islam Majid ‘Irsan al-Kilani, yaitu lewat analisa terhadap lima karya tulis beliau yang berkaitan erat dengan pendidikan, antara lain: 1) Ahdāf al-Tarbiyah al-Islāmiyyah fī Tarbiyah al-Fard wa Ikhrāj al-Ummah wa Tan-miyah al-Ukhuwwah al-Insāniyyah (Visi-Misi Pendidikan Islam dalam MendidikPribadi, Mengkader Umat dan Menumbuhkembangkan Persaudaraan Insani), 2) Falsafah al-Tarbiyah al-Islāmiyyah: Dirāsah Muqāranah baina Falsafah al-Tarbiyahal-Islāmiyyah wa al-Falsafāt al-Tarbawiyyah al-Mu’āshirah (Filsafat Pendidikan Islam: Studi Komparatif Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Kontemporer), 3) al-Fikr al-Tarbawī ‘inda Ibn Taimiyyah(Pemikiran Pendidikan Islam Persfektif Ibnu Taimiyyah), 4) Hakadzā Zhahara Jīl Shalāh al-Dīn wa Hakadzā ‘Ādat al-Quds (Kemunculan GenerasiShalahudin dan Kembalinya al-Aqsa Palestina), 5) Tathawwur Mafhūm al-Nazhariyyāt al-Tarbawiyyah al-Islāmiyyah (Sejarah Konsepsi Epistemologi Pendidikan Islam). Abstract: This article tries to reveal the concept of Islamic Education Majid 'Irsan al-Kilani, namely through the analysis of the five papers he is closely linked to education, among other things: 1) Ahdāf al-Tarbiyah al-Islamiya fi Tarbiyah al-Fard wa Ikhrāj al Tan-Miyah -Ummah wa al-Ukhuwwah al-Insāniyyah (Vision-Mission of Islamic Education in Personal Educate, mobilize the People and Develop Human Brotherhood), 2) philosophy of al-Tarbiyah al-Islamiyya: Dirasah Muqāranah Baina philosophy al-Tarbiyah al-Islamiyya wa al-ideology of al-Tarbawiyyah al-Mu'āshirah (Philosophy of Islamic Education: A Comparative Study of Islamic Education Philosophy and Contemporary Educational Philosophy), 3) al-Fikr al-Tarbawi 'inda Ibn Taymiyah (Islamic Educational Thought Perspective of Ibn Taymiyyah), 4 ) Hakadzā zahara JIL Salah-al-Dīn wa Hakadzā 'adat al-Quds (Emerging Generation Shalahudin and the return of al-Aqsa), 5) Tathawwur understand al-Nazhariyyāt al-Tarbawiyyah al-Islamiyya (Islamic Education Epistemology conception of History). Kata Kunci:Konsep, Pendidikan Islam, Majid ‘Irsan al-Kilani.