PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA MICROBLOGGING EDMODO

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah English Syntax. Subjek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. PTK tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran melalui pendekatan kualitatif-kuantitatif untuk mendapatkan data penelitian. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian tes, sedangkan data kualitatif didasarkan pada hasil observasi aktivitas mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran.Data penelitian dianalisis melalui kajian-kajian reflektif pada setiap siklusnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus Itelah terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan persentase keberhasilan 38,10% dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa sebelum diberikan tindakan pada siklus I (23,91% mahasiswa yang berhasil). Namun, pada siklus ini masihditemui beberapa kekurangan karena sebagian besar mahasiswa belum terbiasa dengan kondisi belajar melalui model pembelajaran Group Investigation. Kekurangan pada siklus I terlihat dari masih rendahnya tingkat aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata 67,26%, aktivitas dosen 75,05%, dan kemampuan mahasiswa dengan skor perolehan rata-rata hanya mencapai 71,90 dengan persentase keberhasilan 54,35%. Dalam siklus kedua, aktivitas proses belajar mengajar berjalan lebih baik. Aktivitas mahasiswa dan dosen dalam pembebelajaran mengalami peningkatan dengan skor persentasi 71,88% dan 83.77%,dengan tingkat kelulusan 58,70%. Penguasaan mahasiswa terhadap materi juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74,40%. Pelaksanaan siklus III ini bertolak dari permasalahan pada tahap tindakan II. Hasil rata-rata nilai kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan materi yang diperoleh pada tindakan III adalah 85,83, dengan tingkat kelulusan 91,30%. Nilai rata-rata aktivitas mahasiwa dalam PBM adalah 78,80%. Sementara, aktivitas dosen dalam pembelajaran juga mengalami perbaikan dengan baik, dengan persentasi 87,70%. Berdasarkan hasil analisis Data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Group Investigation berbantu media microblogging edmodo secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, khususnya pada Mata Kuliah English Syntax. Keywords: Prestasi Belajar, Group Investigation, Microblogging Edmodo, Syntax