IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SDN SUMURGUNG

Abstract

Kemampuan dapat diidentifikasi sebagai kesanggupan, kecakapan, kekuatan, atau potensi diri sendiri. Kemampuan awal siswa merupakan prasarat yang diperlukan dalam mengikuti proses belajar mengajar selanjutnya. Proses pembelajaran dan pengambangan kemampuan awal siswa dapat menjadi titik tolak untuk membekali siswa agar dapat mengembangkan kemampuan baru. Sedangkan menulis cerita merupakan kegiatan menyampaikan pesan melalui media tulisan beserta tanda bacanya atau kegiatan merubah bunyi yang dapat di dengar menjadi kata-kata yang dapat dilihat. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita melalui penggunaan metode peta pikiran Mind Mapping pada siswa kelas IV SDN Sumurgung tahun pelajaran 2008/2009. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan menulis cerita, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peta pikiran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumurgung tahun pelajaran 2008/2009. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (73,91%), siklus III (91,30%) dengan nilai rata-rata siklus I (63,87),  siklus II (74,35), dan siklus III (80,43). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Mind Mapping dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis cerita siswa kelas IV SDN Sumurgung tahun pelajaran 2008/2009, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.