MODEL PEMBELAJARAN QIRAAH AL-KUTUB UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB TAFSIR

Abstract

Penelitian ini berawal dari beberapa prestasi yang diraih oleh sejumlah santri di pondok pesantren Al-Ihsan dalam ajang  Musabaqoh Qiraah al-Kutub (MQK) baik di tingkat lokal maupun nasional. Dalam perspektif pembelajaran, keberhasilan tersebut tidak dapat terpisahkan dari model pembelajaran yang diterapkan terutama dalam  ketarampilan membaca (mahārat al-Qira'ah). Sebagaimana layaknya penelitian  model, maka yang menjadi fokus kajian penelitian ini terkait dengan komponen-komponen model itu sendiri yaitu mencakup sintak atau pelaksanaan pembelajaran, pola interaksi dalam pembelajaran, bentuk apresiasi serta sumber daya yang dimiliki.Hasil dari penelitian ini yaitu berupa konseppengembangan keterampilan membaca (mahārat al-Qira'ah)khususnya dalam bidang Tafsir berbasis model Qira'ah al-Kutub. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan instrumen data observasi, wawancara dan  studi dokumentasi maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukan faktor-faktor penunjang kemampuan santri dalam meraih berbagai juara d ajang Musabaqah Qiraah al-Kutub (MQK) di pondok pesantren Al-Ihsan