Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP dalam penyelesaian masalah statistika. Pada penelitian ini kompetensi dasar pengetahuan yang digunakan adalah memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, garis dan diagram lingkaran. Selanjutnya, kompetensi dasar keterampilan yang digunakan yaitu mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan berpikir kreatif bentuk uraian yang sebelumnya dilakukan validasi dari tes yang akan digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa 26,7% pada kategori tinggi, 63,3% pada kategori sedang dan 10% pada kategori rendah