PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah  untuk meneleaah perbandingan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa antara yang pembelajarnya menggunakan pendekatan  konstekstual dengan pembelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa SMP  yang berkemampuan sedang yang berada dikota Cimahi, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas yang berjumlah 56 orang dari  satu SMP di kota Cimahi yang  berkemampuan sedang.  Instrumen  pada penelitian ini berupa tes berbentuk soal uraian untuk tes kemampuan pemahaman dan komunikasi  matematis. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran.  Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 18 didapat hasil sebagai berikut (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematik yang pembelajarnya menggunakan  pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan  pembelajaran  biasa. (2) pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa Kata Kunci: Pemahaman, Komunikasi, Kontekstual