PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meneleaah perbandingan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa antara yang pembelajarnya menggunakan pendekatan konstekstual dengan pembelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP yang berkemampuan sedang yang berada dikota Cimahi, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas yang berjumlah 56 orang dari satu SMP di kota Cimahi yang berkemampuan sedang. Instrumen pada penelitian ini berupa tes berbentuk soal uraian untuk tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 18 didapat hasil sebagai berikut (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematik yang pembelajarnya menggunakan pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa. (2) pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa Kata Kunci: Pemahaman, Komunikasi, Kontekstual