Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Munawwarah Pekanbaru dan MTs Negeri Danau Bingkuang Kampar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu: (A)nalysis, meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan; (D)esign, meliputi penyusunan Modul; (D)evelopment, dilakukan pengembangan Modul matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan RME; (I)mplementation, dilakukan untuk mendapatkan data praktikalitas; (E)valuation, dilakukan untuk menganalisis data berdasarkan tahap implementation. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Hasil perhitungan data hasil uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan memperoleh Persentasi keidealan 85,19% dan oleh ahli materi pembelajaran memperoleh 86,42%, serta penilaian praktikalitas pada saat uji coba memperoleh 84,14%. Data tersebut menunjukkan bahwa modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan oleh siswa.