Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 2) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survei korelasional dengan teknik analisis data yaitu korelasi dan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 136 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa dengan teknik pengambilan simpel random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket, untuk mengukur kreativitas dan kecerdasan emosional serta instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian dapat disimpulkan, yaitu : pertama, terdapat pengaruh signifikan kreativitas dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; kedua, terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.