NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH NABI AYUB AS., (TAFSIR Q.S. SHAD AYAT 41-44)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai-nilaipendidikan secara umum; pendapat para mufassir tentang Q.S.Shad ayat 41-44 3) Nilai-nilai pendidikan dalam kisah Nabi AyubAs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan teknikpengumpulan data Library Research serta metode deskriptifTeknik pengumpulan data dokumentasi. Adapun sumber datadokumen yang dapat diperoleh dari lapangan berupa buku, arsip,majalah, serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan fokuspenelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilaimerupakan suatu konsep keyakinan seseorang terhadap sesuatuyang dipandang berharga olehnya yang mengarahkan kepadatingkah laku seseorang dalam kehidupannya sehari-hari sebagaimakhluk hidup yang bermasyarakat, dan menjadikannya dasarkeyakinan dalam bertindak untuk menentukan apakah tindakan itubenar atau salah; Tafsiran Q.S. Shad ayat 41-44 merupakan suatuikhtilaf para ulama tafsir yang memiliki perbedaan penafsiranterhadap Q.S. Shad ayat 41-44 yang menjabarkan tentang kisahNabi Ayub As; Nilai Pendidikan yang dapat diambil dari Q.S.Shad ayat 41-44 yakni: penghambaan diri kepada Allah, sikapketergantungan kepada Allah, Larangan mengingkari janji, sertakesabaran dalam menghadapi ujian.