KOMPETENSI GURU DAN KONTRIBUSINYA DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI KABUPATEN SUMEDANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi dalam meningkatkan kinerja dalam mewujudkan lembaga yang unggul. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan kontribusi kompetensi guru terhadap kinerja guru dalam membangun lembaga madrasah yang memiliki keunggulan. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa keunggulan madrasah dapat diwujudkan dengan meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas kompetensi dan kinerja guru pada madrasah tsanawiyah As- Sa’adah, madrasah tsanawiyah Al- Irfan dan madrasah tsanawiyah Ma’arif di kabupaten Sumedang telah menggambarkan kompetensi guru yang baik kompetensi guru telah memberikan kontribusi yang penting bagi peningkatan kinerja guru pada madrasah, faktor pendukung kompetensi dan kinerja guru adalah kepemimpinan yang responsif, fasilitas yang memadai, motivasi dari guru yang tinggi. Faktor penghambat kompetensi dan kinerja guru adalah sarana dan prasarana yang masih kurang, kesejahteraan yang masih perlu ditingkatkan, Hasil kompetensi dan kinerja guru pada ketiga madrasah wujud dalam bentuk keunggulan dalam berbagai prestasi perlombaan yang diraih dan nilai akreditasi yang diperoleh A