PEMBERDAYAAN AKTIVITAS KETERAMPILAN BERBICARA SEBAGAI PENDORONG PEMAHAMAN MENYIMAK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LISTENING II MELALUI LESSON STUDY

Abstract

Dasar permasalahan pengkajian ini adalah pasifnya kegiatan pembelajaran Listening II dan kurangnya pemahamanan menyimak mahasiswa. Strategi pembelajaran yang diaplikasikan sebagai solusi adalah pemberdayaan aktivitas keterampilan berbicara sebagai pendorong pemahaman menyimak. Tujuan pengkajian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas pembelajaran, menganalisis situasi pembelajaran, dan menganalisis pemahaman menyimak mahasiswa dengan penggunaan strategi tersebut. Pengkajian ini menggunakan metode deskriptif. Data aktivitas pembelajaran diperoleh dengan dokumentasi pembelajaran dalam bentuk video. Data situasi pembelajaran dikumpulkan dari lembar observasi dosen observer. Data pemahaman menyimak mahasiswa dikumpulkan melalui tes menyimak TOEFL yang diberikan sebagai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil pengkajian, bentuk pemberdayaan aktivitas keterampilan berbicara pada mata kuliah Listening II yaitu: pernyataan individu sebagai stimulus menyimak; retelling sebagai aktivitas post-listening; percakapan berpasangan, percakapan berkelompok, dan pembicaraan tunggal sebagai tugas lanjutan dan input menyimak. Situasi pembelajaran dikategorikan baik. Pemahaman menyimak mahasiswa juga dapat terbantu dan menjadi lebih baik.