Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo

Abstract

Pembelajaran aktif tipe Group to Group (GGE) merupakan salah satu metode belajar dimana siswa yang terbagi kedalam kelompok diberikan tugas yang bebeda untuk kemudian dipersentasekan kepada kelompok lain.penelitin ini bertujuan untuk melihat efektifitas efektifitas metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo yang diajar dengan metode pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelas yang tidak diajarkan dengan metode pembelajaran tersebut. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP