Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Khususnya pada Materi Pemecahan Masalah Bilangan Romawi di SDN Pagentan 5 Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Pembelajaran Matematika di kelas IV SDN Pagentan 5 pada materi pemecahan masalah bilangan romawi, belum sepenuhnya berpusat pada siswa. Hal inilah yang mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model TGT dalam meningkatkan pembelajaran Matematika kelas IV SDN Pagentan 5 singosari kabupaten Malang dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Pagentan 5 Singosari kabupaten Malang dengan subjek penelitian sebanyak 40 siswa, 27 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Tagard. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT berhasil diterapkan dalam pembelajaran Matematika sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil observasi penerapan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 12.5% dari UH ke siklus I. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,5%. Dengan menggunakan model TGT hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 22,5%