Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata Pelajaran yang memfokuskan pada pembentukkan warga negara yang memahami dan mampu melakssanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarekter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. PKn bertujuan untuk memberi pengetahuan mengenai hal yang berkaitan dengan kewarganegaraan. Aktualisasi Pancasila harus mulai digaungkan mulai dari berbagai lingkungan pendidikan. Utamanya adalah pendidikan dasar, sehingga nilai-nilai Pancasila dapat diinternalisasi dalam kehidup sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas tersebut pada saat tes awal adalah 64. Kemudian pada pertemuan kedua dalam siklus 1. Secara garis besar siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 12 siswa dan 11 siswa yang belum mencapai KKM, atau dengan persentase 52 persen telah mencapai KKM dan 48 persen sisanya masih belum mencapai KKM sebesar 75. Rata-rata nilai yang telah dicapai kelas VI SDN Dengkol 03 adalah 71. Siklus kedua menunjukkan terjadi peningkatan dibanding pertemuan sebelumnya. Peningkatan tersebut adalah secara keseluruhan ketuntasan kelas VI pada meteri proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara dan nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara, siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa atau 87 persen dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau 13 persen, dengan nilai rata-rata adalah 75.