Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Konsep Hidrokarbon dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Adobe Flash pada Siswa Kelas XI MIA-3 MAN 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai implementasi model Cooperative Script yang dibantu media Adobe Flash pada bahan hidrokarbon di kelas XI MIA-3 MAN 3 Banjarmasin pada tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Script yang dibantu oleh media Adobe Flash. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi dan analisis serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA -3 MAN 3 Banjarmasin berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengujian, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan motivasi siswa pada siklus I 68,68% menjadi 76,89% pada siklus II, (2) peningkatan kelengkapan hasil belajar kognitif siswa dari 82,05% menjadi 87,09%, (3) Peningkatan hasil pembelajaran afektif siswa dari 69,54% menjadi 79,33%, (4) aktivitas siswa dalam kriteria yang sangat aktif, (5) Model naskah koperasi dibantu media Adobe Flash mendapat respon positif dari siswa.