Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Randuagung 02 dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Metode Variasi pada Materi Lingkaran
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan, ingin mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Variasi Metode ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi lingkaran pada siswa kelas VI SDN Randuagung 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini disusun menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua putaran atau dua siklus dengan langkah: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Lokasi penelitian di SDN Randuagung 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI SDN Randuagung 02, jumlah siswa 27 anak, 13 laki-laki dan 14 perempuan. Dari hasil analisis hasil observasi di ketahui bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana pada Siklus I 79,9% dan Siklus II 87,3% mengalami peningkatan 7,4%. Hasil observasi ini memungkinkan satu anak melakukan berbagai aktivitas sesuai alat observasi yang digunakan. Sedangkan hasil belajar yang dilakukan melalui tes, setelah tindakan rata-rata 67,1 pada Siklus I 75,2 dan pada Siklus II 82,7. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Variasi Metode berdampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Randuagung 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.