Efektivitas Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Materi Satuan Debit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Matematika setelah diterapkannya Metode Inquiri. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Matematika setelah diterapkannya Metode Inquiri (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI Semester I di Sekolah Dasar Negeri Randuagung 01 tahun pelajaran 2016/2017 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (72), siklus II (84). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Inquiry dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa VI Sekolah Dasar Negeri Randuagung 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika. Kata kunci: metode inquiry, hasil belajar, debit