Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn ( Penelitian Tindakan Kelas) pada Siswa Kelas VI SDN Randuagung 05

Abstract

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, serta membentuk sikap dan perilaku cinta tanah air. Pendidikan Kewarganegaraan adalah salah satu mata pelajaran yang  pengusaannya menuntut siswa menghafal materi yang telah disampaikan, sehingga terkadang siswa merasa kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan tindakan didalam kelas dengan menggunakan aturan sesuai dengan metodologi penelitian yang dilakukan dalam beberapa periode atau siklus. Materi yang dipilih adalah materi yang menuntun siswa menjadi aktif serta menyadari posisinya sebagai makhluk social sekaligus menjadi penerus bangsa ini adalah dengan memahami terlebih dahulu tentang system demokrasi di Indonesia, yang salah satu salurannya adalah pemilihan umum serta pilkada. Penelitian ini memperlihatkan kemajuan yang dilakukan peserta didik dalam bentuk hasil tes yang meningkat. Hasil pada siklus I siswa yang belum tuntas sejumlah 18 mengalami penurunan menjadi 4 siswa pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model numbered head together dapat meningkatakan hasil belajar siswa.