BAHASA ARAB DAN PSIKOLINGUISTIK: Kajian Konseptual dan Historis

Abstract

Abstract: Penelitian ini diawali persoalan substansial mengapa bahasa Arab dan psiko-linguistik harus dikaji secara konseptual dan historis?  dengan tujuan penelitian men-deskripsikan keniscayaan bahasa Arab dan psikolinguistik dikaji secara konseptual dan historis. Sedangkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan kontribusi praktis. Dimana kontribusi teoritis dapat dijadikan paradigma baru bagi peneliti beri-kutnya untuk mengadakan studi tentang relevansi bahasa arab dan psikolinguistik: kajian historis dan konseptual. Sementara kontribusi praktis, bahwa psikolinguistik  dapat diaktualisasikan dalam pembelajaran bahasa Arab di era globalisasi saat ini, dimana kedua disiplin ilmu ini tidak akan menemukan titik final yang berakhir pada suatu muara tertentu, sebab selalu berkembang dan update pada setiap era (masa). Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan cara menela’ah aneka literatur yang terkait. Sedangkan metode yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan analisis. Kedua metode ini tidak diterapkan satu persatu, akan tetapi diterapkan secara serentak. Metode deskriptif dipakai, karena dalam uraiannya akan memberikan gambaran umum tentang persoalan yang akan dikaji, kemudian dari data tersebut akan diadakan interpretasi. Sementara metode analisis digunakan untuk melihat secara kritis berbagai persoalan yang melatar belakangi persoalan tersebut. Untuk prosedur pengolahan data, digunakan Content Analysis. Mencermati paparan dimaksud, maka temuan penelitian yang dihasilkan adalah “Desain Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, dimulai dari desain tujuan, desain materi, desain pendekatan, desain metode, desain teknik, desain media pembelajaran serta desain evaluasi proses dan evaluasi hasil. Keywords: Bahasa Arab, Psikolinguistik, Konseptual dan Historis