Rekayasa Perangkat Lunak Penjadwalan dan Pemesanan Iklan Radio (Studi Kasus : Radio Classy FM)

Abstract

Banyak cara untuk bisa memasarkan atau mempromosikan sebuah produk maupun usaha, yaitu salah satunya dengan memasarkannya pada sebuah iklan di radio. Proses pemesanan iklan di radio biasanya diproses oleh seorang marketing. Dan pada saat sekarang ini proses yang dilakukan untuk pemesanan iklan masih dengan cara yang manual yaitu dengan cara costumer mendatangi kantor radio yang bersangkutan untuk melakukan pemesanan iklan. Hal ini kurang efektif karena marketing harus selalu berada dilokasi kantor agar proses pemesanan iklan dapat terlaksana. Oleh karena itu diperlukan sebuah aplikasi sistem informasi yang dapat menjembatani proses pemesanan iklan tersebut. Sehingga dengan adanya sistem informasi ini marketing dapat menginformasikan kepada costumer tentang ketersediaan tempat untuk beriklan tanpa harus memeriksa langsung ke stasiun radio tersebut.Dan costumer dapat melakukan transaksi pemesanan iklan hanya dengan perangkat mobile yang dia miliki. Hasil dari pembuatan sistem informasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah kerja seorang marketing dalam menginformasikan tentang jadwal kosong yang ada pada radio tersebut dan dapat membantu penjadwalan dan pemesanan iklan yang efektif dan efisien.Kata kunci – Sistem Informasi, Berbasis Mobile, Penjadwalan dan Pemesanan Iklan Radio