IMPLEMENTASI MANAJEMEN LEMBAGA PADA PENDIDIKAN ALQURAN DI MA’HAD ALQURAN DAN DIROSAT ISLAMIYAH DURI

Abstract

The purpose of this research is to know how the institutional management system that run in Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah. The formulation of the problem in this research is whether there is influence of institution management implementation to educate of alquran in Mahad alquran and Dirosat Islamiyah. The research method used in this research is quantitative method. Data collection techniques consist of observation, documentation, interview, questionnaire, and literature study. For data analysis technique use descriptive and percentage. Based on the results of research conducted it can be seen that the institution Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah as an educational institution alquran has implemented the functions of management as contained in the theories of management science. Institutional management run in Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah is quite maximal, but also new innovations both in institutional system and education system of Quran, so that institution Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah is better known by other regions. This proves that a well-managed Quran educational institution produces a good quality of Quranic education so as to bring people's appeal to study the Quran there.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen kelembagaan yang dijalankan di Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh implementasi manajemen lembaga terhadap pendidikan alquran di Ma’had Alquran dan Dirosat Islamiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Sementara untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualiatif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa lembaga Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah sebagai sebuah lembaga pendidikan alquran telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen sebagaimana yang terdapat dalam teori-teori ilmu manajemen. Manajemen kelembagaan yang dijalankan di Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah terbilang cukup maksimal, tetapi perlu juga adanya inovasi-inovasi baru, baik dalam sistem kelembagaan maupun sistem pendidikan alquran, agar lembaga Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah lebih dikenal lagi oleh daerah-daerah lain. Ini membuktikan bahwa sebuah lembaga pendidikan alquran yang terkelola dengan bagus menghasilkan kualitas pendidikan alquran yang bagus pula sehingga mendatangkan daya tarik masyarakat untuk belajar alquran di sana.