IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH DI SMPN 12 MANDAU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komite sekolah yang sudah dibentuk oleh masyarakat dan sekolah sudah maksimal keterlibatannya secara penuh dalam meningkatkan mutu pendidikan, misalnya dalam memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran komite sekolah di SMPN 12 Mandau dan bagaimana implementasi fungsi dan tujuan komite sekolah di SMPN 12 Mandau. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus, dengan teknik wawancara. Dalam hal ini penulis mengambil sample sebanyak 13 orang masyarakat. Hasil dari penelitian adalah Komite Sekolah bertujuan untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan sudah terlaksana walaupun belum maksimal dan perlu dilakukan kerjasama yang lebih baik lagi.  Peran Komite Sekolah sebagai  pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, mediator sudah terlaksana walaupun belum maksimal perlu mempelajari kembali AD/ART komite sekolah. Fungsi Komite Sekolah sudah terlaksana di SMPN 12 Mandau walaupun masih perlu mempelajari lagi PP no 17 tahun 2010 ini disebutkan bahwa komite sekolah selain mandiri juga harus profesional. Artinya Komite sekolah harus benar-benar dapat menjalankan peran dan fungsi, tidak hanya menjadi alat pelengkap di sekolah, atau bahkan hanya menjadi ”tukang stempel atas kebijakan kepala sekolah.This study aims to know whether school committees that have been established by the community and schools have maximal full involvement in improving the quality of education, for example in giving consideration in the determination and implementation of education policy. The problem formulation in this research is how the role of school committees in SMPN 12 Mandau and how the implementation of the function and purpose of school committees in SMPN 12 Mandau. This research is descriptive qualitative research in the form of research with method or approach of case study, with interview technique. In this case the authors take a sample of 13 people. The result of the research is the School Committee aims to accommodate and channel the aspirations and initiatives of the community in giving birth to operational policies and educational programs in educational units have been implemented although not yet maximal and needs to be done better cooperation. School Committee's role as a consideration, supporter, controller, mediator has been implemented although not yet maximally need to re-examine AD / ART school committee. School Committee function has been done in SMPN 12 Mandau although still need to study again PP no 17 of 2010 is mentioned that the school committee other than independent also must be professional. This means that the school committee must really be able to perform roles and functions, not only be a complementary tool at school, or even just a "stamp on the principal's policy