KINERJA PENELITIAN DOSEN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

Abstract

Salah satu kewajiban dosen sebagai pendidik dan ilmuwan dalam tri dharma perguruan tinggi adalah bidang penelitian, di samping bidang pendidikan pengajaran dan pengabdian. Penelitian (research) pada dasarnya adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Penelitian memberikan sumbangan yang sangat berharga, tidak hanya bagi tugas profesional dosen, tetapi juga bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta kemajuan  masyarakat dan bangsa ini. Untuk itulah, penelitian tentang kinerja penelitian dosen menjadi sangat signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan kunci dosen-dosen tetap PNS Prodi PAI yang dipilih  dengan teknik purpossive sampling,  mewakili kepangkatan lektor, lektor kepala dan guru besar. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Teknik pengumpulan data yang utama adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data digunakan menurut Miles dan Huberman, meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa secara umum, kinerja penelitian dosen prodi PAI FITK UIN Raden Fatah sudah cukup baik tapi beragam pada masing-masing level kepangkatan. Pada dosen dengan pangkat Lektor, cenderung lebih banyak melakukan kegiatan penelitian daripada menulis buku dan menulis artikel di jurnal atau media massa. Sementara dosen dengan pangkat Lektor Kepala, relatif seimbang kegiatan penelitiannya dengan aktivitas menulis buku dan menulis artikel di jurnal. Selanjutnya, dosen dengan pangkat Guru Besar cenderung lebih banyak melakukan kegiatan penelitian secara mandiri atau berkelompok. Sementara dari sisi kualitas, kinerja penelitian dosen prodi PAI juga cukup baik. Misalnya, laporan-laporan penelitian yang dibuat oleh dosen-dosen prodi PAI tersebut selanjutnya menjadi artikel yang masuk dalam jurnal ilmiah yang ber-ISSN. Atau buku-buku yang ditulis oleh dosen-dosen tersebut telah memiliki ISBN. Selain itu, hasil-hasil penelitian, buku-buku, atau pun tulisan-tulisan dosen prodi PAI di jurnal ilmiah dirasakan pula dampaknya, baik oleh dosen-dosen yang bersangkutan maupun oleh mahasiswa serta teman sejawat.