PERBANDINGAN INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM YANG BERKEMBANG DI ABAD KLASIK DENGAN INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM YANG BERKEMBANG DI INDONESIA

Abstract

Sejarah Islam mencatat bahwa di zaman klasik dan di masa sekarang tepatnya di Indonesia terdapat sejumlah institusi pendidikan Islam yang memiliki kelebihan dan kekuatan, serta telah memberikan sumbangan yang besar bagi gerakan intelektual, kebudayaan dan peradaban Islam. Munculnya lembaga pendidikan menunjukkan adanya pendidikan yang berbasis masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Seluruh lapisan masyarakat ikut andil dan mendukung pelaksanaan pendidikan. dengan kata lain, Seluruh lapisan memahami dan menghayati bahwa pendidikan merupakan sarana paling strategis dalam rangka mengangkat harkat dan martabat manusia sehingga menjadikan manusia memiliki derajat yang tinggi dan sempurna sesuai dengan tujuan penciptaannnya. Semua lapisan masyarakat terlibat secara aktif dalam menyelenggarakan pendidikan. Munculnya beragam lembaga pendidikan Islam menggambarkan bahwa pasrtisipasi masyarakat terhadap pendidikan itu tinggi, gerakan ini disebut gerakan berbasis masyarakat. Selain itu, menggambarkan ilmu itu berkembang dengan pesat, seluruh lapisan masyarakat belajar dan menggambarkan dinamika bahwa boleh berinisiasi mengembangkan ilmuSejarah Islam mencatat bahwa di zaman klasik dan di masa sekarang tepatnya di Indonesia terdapat sejumlah institusi pendidikan Islam yang memiliki kelebihan dan kekuatan, serta telah memberikan sumbangan yang besar bagi gerakan intelektual, kebudayaan dan peradaban Islam.