PENGUJIAN RELEVANSI EXPERIENTIAL MARKETING DAN LOYALITAS KONSUMEN

Abstract

Experiential marketing adalah suatu kemampuan dari suatu produk dalam menawarkan pengalaman emosi hingga menyentuh hati dan perasaan konsumen. Experiential marketing adalah suatu konsep pemasaran yang bertujuan membentuk pelanggan yang loyal dengan cara menyentuh emosi pelanggan dengan menciptakan pengalaman-pengalaman positif dan memberikan suatu feeling yang positif terhadap jasa dan produk mereka Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan besarnya pengaruh experiential marketing terhadap customer’s brand loyalty Motor Honda  di Kota Palembang dan untuk mengetahui variabel experiential marketing yang dominan dalam mempengaruhi customer’s brand loyalty Motor Honda  di Kota Palembang? Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan non probability sampling, yaitu teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yang menggunakan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Lokasi penelitian ini lebih difokuskan di Kota Palembang, sedangkan objek penelitian ini pembeli dan pengguna (konsumen) Motor Honda yang menggunakan Honda minimal dalam waktu 1 tahun, berusia diantara 17 - 65 yang merupakan usia produktif dimana sudah memenuhi kriteria loyalitas merek. Hasil pengujian korelasi menunjukkan bahwa hanya variabel sense, feel, think, act, dan relate memiliki hubungan yang signifikan dengan brand loyalty customers. Hasil pengujian model regresi menunjukkan bahwa variabel sense, feel, think, act, dan relate, secara keseluruhan berpengaruh secara signifikan terhadap customer’s brand loyalty.