Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Aktif Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Abstract
Akhlak di kehidupan sangatlah perlu sehingga memberikan kontribusi positif kepada setiap manusia, dalam penelitian ini peneliti mengemukakan bahwa seorang yang berakhlak baik akan memberikan keindahan untuk dirinya dan orang lain yang berada di sekitarnya, perlu kita ketahui terdapat akhlak terpuji dan akhlak tercela, yang harus ditanamkan yaitu akhlak yang terpuji untuk memancarkan cahaya yang terang dalam kehidupan, dalam tulisan ini penulis mengamati apakah model pembelajaran Stad ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, di mana di sini akhlaklah yang diutamakan. penulis menerangkan bagaimana seorang guru seharusnya mengajar, mengajar itu bukan hanya mentransfer materi namun memupukannya dengan keterampilan-keterampilan dan hal-hal yang baru, sebagian besar seorang guru yang mengajar di sekolah khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak yang memberikan materi peserta didik diperintah menulis dan mendengarkan ceramah guru, yang menimbulkan peserta didik bosan dan jenuh untuk mengikuti proses belajar mengajarnya, sehingga dalam pemahaman materi kurang, dan mengakibatkan peserta didik hasil belajarnya rendah. maka penulis di sini mencoba menerapkan model pembelajaran berbasis Aktif Learning Tipe Stad untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar, metode penelitian yang digunakan di sini adalah studi pustaka di sini penulis memberikan pengajaran dengan model pembelajaran Tipe Stad tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta memupuk keterampilan-keterampilan dan memberikan siswa faham akan materi yang diberikan. penulis menggunakan studi pustaka dalam membuktikan keberhasilan atau tidaknya model pembelajaran ini, dengan menelusuri ke perpustakaan dan mencari data dari penelitian-penelitian terdahulu yang ada dalam buku-buku yang dibaca, penelitian ini harapannya untuk membuktikan bahwa dengan model pembelajaran Stad ini murid menjadi giat dan cepat menangkap materi dari pendidik dan hasil belajar peserta didik dapat memuaskan hati pendidik yang melihat siswa yang ditransfer ilmu oleh dirinya dapat berhasil mendapat nilai bagus.