Pendidikan dan Keberagamaan Jamaáh Majlis Ta’lim Kelurahan Pahlawan Kecamatan Kemuning Kota Palembang

Abstract

Hubungan antara persepsi jamaah masjid dengan materi dan metode yang disampaikan oleh para ulama berada dalam tingkat signifikan. Kondisi ini didapat dari hasil wawancara mendalam di mana peziarah yang mengikuti majelis taklim di masjid mengalami peningkatan. Peningkatan ini disebabkan bahan dan metode yang disampaikan oleh Ustadz diterima dengan baik dan mudah dipahami. Secara gender, ada perbedaan antara jamaah laki-laki dan perempuan. Jamaat masjid perempuan memiliki tingkat yang lebih tinggi religiusitasnya dibandingkan kelompok jamaah masjid dari laki-laki. Jadi jenis kelamin mempengaruhi hubungan yang saling mempengaruhi antara jamaah tentang materi dan metode yang disajikan oleh ulama. Studi ini juga menemukan bahwa jamaah majelis taklim baik dalam kelompok laki-laki atau perempuan memiliki tingkat tinggi (postitif) keragaman dan memiliki persepsi akan materi dan metode yang disajikan ulama. The relationship between perception pilgrims mosque committees about the materials and methods presented cleric with a significant degree of religiosity. This condition is confirmed from the results of in-depth interviews where pilgrims follow the teachings mosque committees after the change, which increases the rise. This increase is due to the materials and methods delivered by Ustadz be well accepted and easily understood. By gender there is a difference between the sexes pilgrims mosque committees. Jamaat mosque committees mothers have higher levels of religiosity than in the group of mosque committees pilgrim fathers. So gender affect bivariate relationships between perception pilgrims mosque committees about the materials and methods presented chaplain to the level of religious pilgrims mosque committees. The study also found that the congregation mosque committees both in the group of fathers and mothers have a high degree of diversity and have the perception of matter and methods presented cleric positive.