ANALISIS SEGMENTASI PASAR “LORJUK” (Solen grensalis) DI KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui segmentasi dan positioning dari produk “lorjuk”. Keragaan “lorjuk” masih di daerah Pamekasan masih memiliki potensi yang menjanjikan. Dalam penelitian ini , penentuan responden dengan metode purposive sampling at au metode penentuan responden secara sengaja yaitu para produsen “lorjuk” yaitu pencari, pengolah, pengepul dan penjual “lorjuk” serta konsumen yang mengkonsumsi “lorjuk”.Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di dua wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan P ademawu dan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis cluster.Adapun hasil kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut segmentasi “lorjuk” menurut sudut pandang produsen adalah bahwa “lorjuk” merup akan sumber penghasilan yang masih diminati oleh konsumen - konsumen tertentu. Produsen harus melakukan difersifikasi agar produk “lorjuk” yang dijual bisa bertahan di pasaran. Sedangkan “lorjuk” menurut sudut pandang konsumen adalah bahwa “lorjuk” Pembahas an tentang cluster 1 menunjukkan bahwa responden yang memilih atribut rasa enak dan gurih, protein tinggi dan merupakan makanan sehat sebanyak 33,3%, sedangkan yang memilih atribut suka seafood , prestise dan image yang bagus sebanyak 23,3% dan yang memili h atribut bisa dibuat camilan, dibuat oleh - oleh dan di buat suguhan tamu sebanyak 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar “lorjuk” untuk konsumen lebih didominasi karena alasan sebagai makanan camilan, untuk oleh - oleh dan untuk suguhan tamu diru mah yaitu sebesar 43,3%.