ANALISIS SEGMENTASI PASAR “LORJUK” (Solen grensalis) DI KABUPATEN PAMEKASAN

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui segmentasi dan positioning dari produk  “lorjuk”. Keragaan “lorjuk” masih di daerah Pamekasan masih memiliki potensi yang  menjanjikan.  Dalam penelitian ini , penentuan responden dengan metode  purposive sampling at au metode penentuan responden secara sengaja yaitu para produsen “lorjuk” yaitu pencari,  pengolah, pengepul dan penjual “lorjuk” serta konsumen yang mengkonsumsi  “lorjuk”.Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di dua wilayah Kecamatan yaitu  Kecamatan P ademawu dan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Data yang sudah  terkumpul dianalisis menggunakan analisis cluster.Adapun hasil kesimpulan yang diperoleh  adalah sebagai berikut segmentasi “lorjuk” menurut sudut pandang produsen adalah bahwa  “lorjuk” merup akan sumber penghasilan yang masih diminati oleh konsumen - konsumen  tertentu.  Produsen harus melakukan difersifikasi agar produk “lorjuk” yang dijual bisa  bertahan di pasaran. Sedangkan “lorjuk” menurut sudut pandang konsumen adalah bahwa  “lorjuk” Pembahas an tentang cluster 1 menunjukkan bahwa responden yang memilih atribut  rasa enak dan gurih, protein tinggi dan merupakan makanan sehat sebanyak 33,3%,  sedangkan yang memilih atribut suka  seafood ,  prestise dan image yang bagus sebanyak  23,3% dan yang memili h atribut bisa dibuat camilan, dibuat oleh - oleh dan di buat suguhan  tamu sebanyak 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar “lorjuk” untuk  konsumen lebih didominasi karena alasan sebagai makanan camilan, untuk oleh - oleh dan  untuk suguhan tamu diru mah yaitu sebesar 43,3%.