Implementasi Kurikulum 2013: Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 149/VII Muara Tebo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dimulai dari Persiapan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 meliputi 2 hal yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dengan langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Hasil pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SDN 149/VIII Muara Tebo yakni dapat meningkatkannya hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. This study aims to determine the application of Thematic Learning in Primary School. This research is a field research (field research) which is descriptive qualitative. This research was conducted at SDN 149 / VII Muara Tebo. The results showed that the application of thematic learning starting from the preparation of thematic lesson based on the 2013 curriculum includes 2 things: general preparation and special preparation. Implementation of thematic lessons based on the 2013 curriculum using a scientific approach with learning steps consists of observing, questioning, gathering information, associating and communicating. Thematic learning outcomes based on the 2013 curriculum at SDN 149 / VIII Muara Tebo that can improve the students' learning outcomes viewed from aspects of spiritual attitudes and social attitudes, knowledge and skills.