Manajemen Program Ekstrakuriker Keagamaan Sekolah Islam Terpadu
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengungkap pengelolaan ekstrakurikuler (ekskul) keagamaan pada sekolah fullday. Penelitian ini mengambil latar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nurul Ilmi Jambi dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, pengelola, guru, dan siswa. Hasil penelitian dengan pendekatan kualitatif menemukan bahwa pengelolaan ekskul keagamaan menkombinasikan pendekatan manajemen modern yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dengan nilai-nilai yang dianut Sekolah, seperti amanah, kebersamaan, dan tanggungjawab, sehingga cenderung lebih fleksibel dan alamiah. Kendala pengelolaan ekskul keagamaan dalam pembentukan karakter siswa meliputi aspek yang terkait dengan ketersediaan tenaga profesional, manajemen waktu, dan ketersediaan fasilitas yang memadai. Kata kunci : manajemen, ekstrakurikuler keagamaan, karakter Asbtract. This study aims to explain and reveal the management of religious extracurricular at fullday school model. The social setting of the research was at Junior High School (SMP) Nurul Ilmi Jambi with the subject of research consist of principals, managers, teachers, and students. The results of the qualitative approach found that the management of religious extracurricular combines both modern management approaches ( planning, organizing, mobilizing, and monitoring) and School values, such as trust, togetherness, and responsibility. The model seems to be more flexible and natural. However, the School manager faced some obstacles while managing the activities in order to developed students good character, including the availability of professional stuff, time management, and adequate facilities Keyword : Management, religious extracurricular, students character