Peningkatan aktivitas dan kemampuan matematis siswa melalui pendekatan konstruktivisme

Abstract

Abstrak A Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui Model Konstruktivismedi kelas X C MAN Olak Kemang Jambi.A Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru. Tindakan dilakukan dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa kelas X C MAN Olak Kemang Jambi. Data penelitian dikumpulkanA dengan lembar observasi, catatan lapangan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis secara deskriptif.Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran matematika melalui Model Konstruktivismedapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan matematika siswa kelas X C MAN Olak Kemang Jambi. Hasil analisis dataA menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa untuk setiap indikator yang diteliti. Peningkatan aktivitas siswa yang dimaksud adalah terjadinya peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa aktif merespon pertanyaan guru menyelesaikan soal-soal, mengemukakan alasan, menjelaskan kepada teman, mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan membuat kesimpulan. Persentase siswa yang mencapai KKM untuk kemampuan pemecahan masalah matematis pada Siklus I adalah 33%, dan kemudian meningkat menjadi 73 % pada Siklus II. A Kata Kunci: Aktivitas, Kemampuan pemecahan masalah, A Model Konstruktivisme A Abstrak A [Increasing Students’ Activities And Mathematic Ability Through Constructivism Approach]. This research is aimed at investigating the increase of students’ mathematic activities and problem solving ability by using constructivism model at grade 10 MAN Olak Kemang Jambi. This was a collaborative action research with two cycles of which cycle consisted of planning, acting, observing, and reflecting. There were 37 students as the subjects from which the research gathered data by employing field observation and achievement test. The finding of the research showed that students were able to increase their classroom activities when the teacher employed constructivism approach: being active to complete the task, giving justification, explaining to classmates, presenting discussion result, and making the conclusion. I cycle one, 33% of students were able to achieve the minimum requirement score. In fact, there was an increase in cycle two an amount of 73% students who could achieve the score. A Key words: activities, problem-solving ability, constructivism model