Pengetahuan Metakognitif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengetahuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Pengetahuan metakognitif merupakan komponen dari metakognisi. Metakognisi merupakan hal penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pengetahuan metakognitif dapat memandu siswa untuk memilih, mengevaluasi, meninjau kembali, dan memutuskan tugas kognitif, tujuan dan strateginya. Menurut NCTM, pembelajaran matematika memiliki lima standar proses dan salah satunya adalah memecahkan masalah matematika. Masalah/soal matematika yang diberikan dapat berupa masalah/soal rutin dan masalah/soal non rutin. Kaitan antara pengetahuan metakognitif dan penyelesaian soal matematika adalah dengan metakognisi siswa dapat memahami bagaimana tugas atau masalah dapat diselesaikan, sehingga pengetahuan metakognitif dapat mempengaruhi seseorang dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung adalah lembar soal pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa memenuhi indikator pengetahuan metakognitif dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Namun metakognisi setiap siswa berbeda-beda.