Pengelolaan Pembelajaran melalui Bermain Pasir Dan Air Pada Sentra Bahan Alam di PAUD Insan Kamil Bangkinang Kampar
Abstract
Pengelolaan pembelajaran melalui bermain pasir dan air berdasarkan kondisi dilapangan kurang diperhatikan oleh guru, bentuk-bentuk kegiatan bermainnya monoton. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengelolaan Pembelajaran melalui bermain pasir dan air pada Sentra bahan alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan seluruh siswa kelompok B di Kelompok Bermain PAUD Insan Kamil Bangkinang Kampar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, pengelolaan pembelajaran melalui bermain pasir dan air yang dilaksanakan di PAUD Insan Kamil Bangkinang Kampar meliputi : Planing (Perencanaan) pembelajaran melalui bermain pasir dan air dilaksanakan dengan menyusun Monly Lesson Plan, Weekly Lesson Plan, dan Daily Lesson Plan, Actuating (Pelaksanaan) pembelajaran, dan Controling (Penilaian). Bentuk-bentuk kegiatan bermain pasir pada sentra bahan alam di PAUD Insan Kamil dibagi menjadi tiga jenis kegiatan bermain, yaitu : bermain pasir, bermain air, dan kolaborasi pasir dan air