Increasing Religious Value through Singing Methods to Students of Kindergarten

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap masalah bahwa pembelajaran siswa TK Adzkia V Padang dalam nilai-nilai agama berdasarkan masih rendah. Sementara itu, nilai-nilai agama adalah salah satu aspek yang perlu dirangsang dalam mengajar siswa TK di kelas B. Masalah yang ditemukan di lapangan adalah: 1) Hanya 5 anak yang dapat sembahyang dan 11 siswa lainnya tidak dapat berdoa dan mengangkat tangan mereka sambil berdoa. 2) Dalam praktek sholat 6 anak dapat melakukan dengan baik sedangkan 10 anak lainnya melakukan sholat yang terburu-buru bahkan berteriak-teriak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan nilai-nilai agama melalui metode nyanyi dalam mengajar siswa TK B Adzkia V Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Desain setiap siklus dilakukan dalam 5 pelajaran melalui empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Dengan demikian, data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan nilai agama anak cukup signifikan hingga mencapai 90% dan penelitian dinyatakan berhasil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian metode nyanyi dapat meningkatkan nilai-nilai agama anak-anak di taman kanak-kanak B Adzkia V Padang.