Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal Anak di Desa Wonokerto Kabupaten Lumajang
Abstract
Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak atau bisa dikatakan perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak, termasuk cara penerapan aturan, mengajarkan nilai atau norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku baik sehingga dijadikan panutan bagi anaknya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak di DesaWonokerto KabupatenLumajang. Desain penelitian analitik korelasional . Sampel 44 murid TK dengan menggunakan total sampling. Analisis dengan Spearman Rank.Hasil analisis hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak TK diperoleh bahwa penerapan pola asuh mayoritas adalah pola asuh otoriter sebanyak 20 (45,5%). Kecerdasan interpersonal anak TK mayoritas baik sebanyak 40 (90,9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak di Desa Wonokerto Kabupaten Lumajang