MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STADSISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 BANGKINANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan aktivitas belajar klasikal (2) Meningkatkan aktivitas belajar kelompok. (3) Meningkatkan hasil  belajar IPA siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Bangkinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari 6 langkah yaitu: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok – kelompok belajar, evaluasi, memberikan penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada pembelajaran IPA aktivitas belajar klasikal, aktivitas belajar kelompok dan hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Siswa yang aktif secara klasikal dalam pembelajaran mencapai skor 34,57 %  pada Siklus I dan  pada siklus II mencapai skor 69,14 %. Hasil penilaian aktivitas belajar kelompok  siklus I  skor A  mencapai 40% dan pada siklus II Skor A mencapai 83,33%.  Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 ketuntasannya mencapai 70,37%, lalu meningkat pada siklus  II pertemuan 2 menjadi ketuntasan 96,30%..