PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENGGAMBAR DEKORATIF PADA ANAK TK DWI KARYA KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif pada anak TK Dwi Karya Kecamatan Koto Kampar Hulu . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 16 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, anak yang kriteria baik hanya 2 anak dengan persentase 12,5%. Setelah dilakukannya tindakan Siklus I meningkat menjadi 6 anak denagn pesentase 37,5%  dan pada Siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 9 anak dengan persentase 56,25%. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak adalah guru mempersiapkan media dan mendemonstrasikan cara menempel/kolase. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan motorik halus naak melalui kegiatan Kegiatan Bermain Menggambar Dekoratif.