PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Abstract

Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelajaran berikut media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Dalamproses belajar mengajar di kelas terdapat keterkaitan yang amat erat antara guru, siswa, dan sarana. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan subyek penelitian siswa kelas XII IPA. 2 SMA Negeri 1 Pinggir semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan pedoman observasi dan data tentang hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Pelaksanaan tindakan diawali dengan membagi kelas atas 6 kelompok, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran dengan media VCD,kerja kelompok dalam menyelesaikan soal, presentase kelompok dan tes. Hasilpenelitian menunjukkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw melalui Media VCD sebagai media pembelajaran listrik statis dapat meningkatkan keaktifan siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata 69,58  dengan ketuntasan klasikal 71% pada siklus I menjadi 77,50 dengan ketuntasan klasikal 88% pada siklus II. Dari hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw malalui Media VCD sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa, sehingga dapat dijadikan alternatifpilihan pada pembelajarn fisika.