IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS SHOLAT BERJAMAAH SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran metode demonstrasi sehingga siswa dapat beraktifitas dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kualitas sholat siswa pada pembelajaran PAI tentang sholat berjamaah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurl Lewin yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis dan pembahasan peneliti dapat menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran demonstrasi sebagian besar siswa sudah memperlihatkan prediket MK (Membudaya/Kebiasaan) yaitu siswa terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten. Adapun belajar dengan menggunakan LKPD, sangat membantu merangsang minat dan aktifitas siswa belajar, sehingga suasana dalam berdiskusipun berkesan asik dan menyenangkan. Dengan adanya kegiatan demonstrasi yang dilakukan berulang-ulang, siswa sudah dapat memposisikan dirinya ketika menjadi imam, menjadi makmum biasa maupun makmum masbuq.