MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SISWA KELAS X TKJ 1 SMKN 1 BANGKINANG

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bangkinang menjadi latar belakang penelitan tindakan kelas ini. Peneliti merasakan proses belajar mengajar masih terpusat kepada guru, materi sering tersajikan dalam bentuk ceramah dan demonstrasi sehingga sering peneliti menjumpai siswa lebih banyak diam dan mendengarkan saja, kreatifitas dan kemandiriannya kurang terwujud dan proses belajar mengajarpun tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini menjadi penyebab hasil belajar siswa turun. Dari 36 siswa hanya ada 20 orang siswa yang nilainya berada di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau sekitar 55% dan tentunya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu Peneliti merasa perlu mengatasi permasalahan belajar ini dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Siswa Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Bangkinang”. Dengan adanya penelitian ini  Peneliti berharap dapat menemukan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan belajar, dan semoga kedepannya hasil bejar siswa dapat ditingkatkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data dari hasil ujian kompetensi pada kompetensi Dasar.