PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN PERTIDAKSAMAAN SATU VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru matematika kelas X  serta rekan sesama peneliti sebagai pengamat, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X.3 SMAN 1 Perhentian Raja .Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus selama 10(sepuluh) kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik pengamatan Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X.3 SMAN 1 Perhentian Raja” . Dengan penerapan model ini diperoleh bahwa tingkat ketuntasan peserta didik 59,37% menjadi 78,12% dan hasil belajar siswa meningkat dari 60,28% menjadi 77,63%.