UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION
Abstract
Siswa SMA Negeri 1 Bangkinang pada kondisi di lapangan, menunjukkan hasil belajar sosiologinya rendah. Hal ini dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang hanya 40% siswa yang tuntas KKM dari jumlah siswa 25 orang. Hasil ini berdasarkan analisa ulangan harian yang telah dilakukan. Secara umum siswa tersebut selama pembelajaran sosiologi ini mengalami kesulitan dalam belajar sosiologi khususnya dalam menganalisa dan menyimpulkan suatu permasalahan dalam pembelajaran sosiologi tersebut. Disamping itu siswa juga kurang aktif ketika belajar, karena dalam strategi pembelajaran yang masih bersifat tradisional (ceramah saja) sering membuat siswa kurang berminat belajar sosiologi. Untuk mendapatkan solusi dari permasalahan ini maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dalam pembelajaran struktur social dan konflik social.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus pembelajaran masing-masing siklus terdiri dari atas 4 langkah yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4). Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bangkinang.Hasil penelitiab menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Peningkatan hasil belajar sosiologi ditandai dengan peningkatan daya serap dan ketubtasan belajar sosiologi.