PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PSIKOMOTOR FISIKA SISWA MELALUI PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana hasil belajar keterampilan psikomotor fisika siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan lima kali pertemuan. Dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh data bahwa terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditandai dengan tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Siswa yang ada pada awal-awal siklus merasa aneh dan tidak bergairah dalam belajar, pada akhir siklus II, siswa sangat antusias dengan proses pembelajaran. Hasil observasi indikator aktifitas dalam proses pembelajaran akhir siklus I dan siklus II memperlihatkan bahwa siswa yang bekerja sesuai prosedur yang diberikan LKS. Kemampuan siswa dalam menggunakan alat, membaca skala pada alat mengalami kemajuan yang sangat berarti. Terlihat dari semakin terbiasanya siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar diperoleh rata-rata daya serap dari 52.50 % (pada akhir siklus I) menjadi 88.22 % (pada akhir siklus II) dengan kategori Amat Baik. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pendekatan CTL dikatakan efektif . Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini tercapai dengan sempurna, bahkan melebihi target. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan psikomotor siswa kelas XI. IPA.1 SMAN 2 Siakhulu.