PENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MELALUI WORKSHOP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melaluiworkshop DiSMA Negeri 1 Perhentian Raja. Subjek yang diamati adalah guru-guru SMA Negeri 1 Perhentian Raja yang berjumlah 19 orang. Strategi penyelesaian masalah yang digunakan adalah melaluiworkshop. Penilaian kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal di SMA Negeri 1 Perhentian Raja dapat dilakukan melalui pengamatan dan pemantau guru dalam kegiatanworkshop. Dari hasil analisisdiperoleh hasil bahwa,workshop sangat efektif untuk meningkatakan kinerja guru dalam menetapkan KKM, karena guru memiliki kesempatanmendiskusikan secara bersama-sama untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan berdasarkan keadaan di lapangan, kemudian dapatmemperbaikinya atau melakukantindak lanjut pada siklus berikutnya secaraterus menerus apabila masalah belum terselesaikan.Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, simpulan dan saran, yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut:1) Perlu dilaksanakanworkshop yang bertujuan untuk membantu guru dalam memecahkan permasalahan yang ditemui terutama dalam penetapan KKM dan sekaligus membantu guru dalam menetapkan KKM pada tahun berikutnya, 2)Pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II berjalan denga baik sehingga menunjukkan hasil yang menggembirakan sesuai dengan yang diharapkan, 3) bahwaworkshop dapat meningkatkan kinerjaguru SMA Negeri 1 Perhentian Rajadalam menetapkan KKM,Oleh karena itu guru perlu selalu mengasah diri dalam menguasai langkah-langkah penetapan KKM dan mengaplikasikannya dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, 4) Peningkatan kemampuan dan keterampilan guru dalam menetapkan KKM perlu selalu ditingkatkan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan