PENERAPAN MODEL INVESTIGASI GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) Meningkatkan aktifitas siswa, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Cara mengatasi hambatan yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Investigasi Group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus ditempuh dengan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun 2017/2018. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas XII IPA.3 SMA Negeri 1Pasir Penyu.. Teknik pengumpulan data mempergunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan tes ulangan Harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari kategori baik menjadi amat baik. (2) Hasil belajar matrmatika siswa pada siklus I juga meningkat ke siklus II meningkat,dari rata-rata 78.00 menjadi 84.56. (3) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif GI terdapat hambatan kurang kesiapan siswa dalam belajar, cara mengatasinya dengan memberikan pedoman langkah pembelajaran sehari sebelum pelaksanaan, sehingga tidak menghalangi terlaksananya pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Investigasi group. Keterbatasan buku penunjang KBM yaitu buku panduan atau buku paket, cara mengatasinya guru memberikan soal-soal matematika dan guru menganjurkan siswa untuk membeli buku panduan sendiri serta pemanfaatan fasilitas internet di sekolah lebih dioptimalkan. Keterbatasan waktu, cara mengatasi penyampaian materi dengan singkat, padat dan jelas. Keterbatasan ruang kelas yang sempit menyulitkan posisi tempat duduk antar kelompok yang terlalu dekat, mengatasinya guru mengatur posisi duduk yangsesuai nomor kelompok dari bangku paling depan sebelah kanan untuk kelompok I dan seterusnya kelompok VI dibangku paling belakang dengan model zig zag.