PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Pasir Penyu. Langkah-langkah pembelajaran secara umum yaitu: 1) guru memberikan penjelasan singkat terhadap materi, 2) guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, 3) guru memberikan LKS dan meminta anggota kelompok aktif berpikir dan bekerja sama dalam penyelesaian soal, 4) guru meminta siswa mempresentasikan di depan kelas. Penelitian ini berjalan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi : 1) hasil observasi motivasi siswa selama proses pembelajaran, 2) hasil angket, 3)hasil lembar kerja siswa, 4) hasil ulangan harian.Data penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan.Kondisi tersebut dapat dilihat pada tabel perkembangan pada siklus I dan II. Kondisi tersebut juga menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti berhasil dicapai dengan baik pada siklus II.